Ketika Bahasa Sunda Menjadi Pemersatu

Setiap negara, suku atau yang lainnya mempunyai bahasa sebagai pemersatu bangsa, dimana bahasa itu mempunyai ciri khas dari kosakata, accent atau logatnya yang bisa mempererat kehidupan manusia. Di Indonesia sendiri banyak sekali bahasa, bukan hanya dua atau tiga bahasa saja tapi ribuan bahasa. Contoh saja dimulai dari Sabang seperti bahasa Aceh, Melayu, Jawa, Sunda dan lain-lain untuk lebih lengkapnya silahkan lihat di Wikipedia. Bahasa juga merupakan pergaulan antar bangsa dan negara, seperti bahasa Indonesia sekarang menjadi bahasa ke empat dunia termasuk melayu karena penutur bahasa melayu terbesar di Indonesia dan asia.

Bahasa juga bisa dikatakan sebagai ciri budaya yang mempunyai nilai besar sehingga penutur tersebut bisa merasakan rasa kesatuan yang begitu erat. Contoh saja bahasa sunda yang mempunyai peranan lumayan penting bagi warganya dimana bahasa ini dituturkan di sebagian wilayah Jawa Barat Dan Jawa Tengah. Bukan hanya lambang pergaulan saja tetapi sebagai mempererat persaudaraan, misalkan meskipun yang di ujung banten apabila bertemu orang sunda jawa tengah pasti merasakan persaudaraan yang begitu erat. Akan tetapi bahasa bisa juga punah karena penggeseran budaya oleh zaman yang mulai modern, siapa tahu karena enggan lagi memakai bahasa nenek moyang akan hilang ditelan zaman. Mudah saja dilihat sekarang banyak remaja malu dan merasa canggung memakai bahasanya sendiri bila berada di kota-kota besar.

Kata orang sunda itu “yuk ngamumule” bahasa kita lagi, daripada hilang mendingan manfaatkan sebagai kekayaan budaya yang diwariskan dari nenek moyang terdahulu. Masalahnya kalau tidak dirawat, apa bisa? anak cucu kita akan mengenal bahasa yang sungguh bagus pisan euy, padahal banyak sekali warga asing selalu tertarik dengan budaya kita malahan ada yang mencantut karena unik dan eksotis. Makanya sekarang jangan sekali-kali membiarkan harta yang begitu indah dan tidak ada orang lain punya seperti yang kita punya.

Sebagai warga Sunda dan warga Indonesia lainnya ayo gunakan bahasa Indonesia dan bahasa daerah kita sebagai persatuan yang menjunjung tinggi nilai khazanah budaya leluhur. kita harus bangga menjadi warga atau bangsa yang memiliki jati diri yang begitu unik dan sungguh indah.

Mulai sekarang langkah kita harus bisa menjaga dan melestarikan, sunda, Jawa, Melayu dan bahasa lainnya semoga bisa meyatukkan karena bahasa sebagai komunikasi dan tempat mengetahu informasi bisa dikatakan bahasa itu universal dan meluas boleh dipelajari siapa saja.

Posted on Agustus 22, 2009, in Tentang Sunda and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. meski ku urang jawa tulen, ku simpati dengan sunda. ku kenal urang sunda serba blak blakan, namun dari dimensi yang lain sama seperti urang jawa, yang menjungjung tinggi kehormatan, sekali di injak,,hmm jangan tanya eifel pun jadi apel di malang! lho? maksudnya serba saling mendukung lah biar bahasa daerah kita menjadi benang merah perkembangan zaman sekarang, urip jowo!sae sunda.. leres?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: