Suka Angklung Nggak?

Angklung bukan sekedar bambu tapi alat musik yang memiliki alunan suara yang sangat merdu, angklung khas musik sunda ini memiliki daya tarik tersendiri karena terbuat dari bambu berpadu dengan nilai seni yang ada. Alat musik ini sudah berpetualang ke berbagai negara sehingga sangat terkenal, berkat pendirinyalah angklung banyak dilirik orang asing maka dari itu Padepokan saung angklung Udjo selalu menjadi tempat kunjungan wisatawan luar negeri maupun dalam negeri. Saung angklung Udjo yang telah memberikan warna bagi budaya sunda sehingga angklung bisa dinikmati sampai sekarang oleh para pecinta angklung.

angklun sunda

Memang alat musik ini sangat bagus untuk dinikmati terlebih angklung bisa mengiringi lagu-lagu yang berirama, sunda, dangdut, pop, india, ala barat maupun arab. Jadi angklung ini sangat menyesuaikan sekali walaupun alat musiknya terbuat dari bambu yang benar-benar sangat alami. Pokoknya tiada duanya dan sangat bagus untuk dinikmati tanpa memandang usia, untuk siapa saja boleh menikmatinya.

Jadi kalau orang sunda sendiri nggak mau merawat budayanya janganlah heran dan menyesal seperti kejadian kemarin yang hangat diperbincangkan antara Indonesia dan Malaysia tentang angklung. Kalaulah merasa pewaris tunggal marilah jaga dengan cara apapun, kenalkan budaya kita sejak dini agar budaya kita langgeng sampai akhir khayat. Mungkin sangat menarik sekali jika angklung mengiringi band indonesia, terlebih banyak group band yang lahir dari Bandung tapi tidak ada satupun musik atau lagunya diiringi oleh angklung. Pada dasarnya harus dimulai dari rasa ingin memiliki dan mencintai budaya itu sendiri. Menyelamatkan budaya sendiri itu lebih bagus daripada mengkonsumsi budaya orang yang tidak jelas sehingga dapat menggeser perkembangan budaya bangsa ini. Tapi kita juga tidak boleh menutup rapat tentang hal itu, pada intinya kita boleh menerima budaya orang dan ambillah yang baiknya saja sehingga dapat memahami satu sama lain.

Posted on Mei 27, 2009, in Tentang Sunda and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 3 Komentar.

  1. Abdi gaduh sababaraha koleksi video sareng mp3 angklung. tapi dina video nu digaduhan ku abdi, eta teh asalna ti Jerman, Belgia, sareng sababaraha nagara eropa. Masih bangga ku sabab anu manggung na teh masih Urang Sunda sareng nyandak kabudayaan sunda. Tapi abdi masih heran, kunaon budaya nyalira kudu milarian apresiasi ti nagara sanes, tapi di nagara sorangan sakedik pisan apresiasi kanggo budaya nyalira. Ku kitu na para wargi sadaya, kanu masih aya jiwa sunda na, hayu urang ngamumule budaya sunda, Sateuacan budaya urang mung kantun sejarah…

    • Wah terima kasih kang udah kesini, ini tadinya sih blog biasa ga da apa-apanya terus saya rubah jadi blog sunda..yah karena saya bangga menjadi orang sunda terusan mencoba bikin beginian Alhamdulillah ternyata banyak yang view, tp sy masih kekurangan bahan…kalo ada info kita boleh share demi budaya kita. Hayuu… ngamumule budaya urang supaya teu leungit.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: