Bantarkawung

kewedananBantarkawung adalah sebuah kecamatan yang ada di Brebes terutama di bagian selatan dekat dengan kota Bumiayu, Bantarkawung sendiri memiliki kurang lebih 18 desa/kelurahan yaitu Bangbayang, Banjarsari, Bantarkawung, Bantarwaru, Cibentang, Cinanas, Ciomas, Jipang, Karangpari, Kebandungan, Legok, Pangebatan, Pangerasan, Sindangwangi, Tambakserang, Telaga, Terlaya dan Waru. Kesemuanya itu berbahasa Sunda tapi ada juga yang memakai bahasa jawa terutama di Desa Pangebatan (Buaran), Cinanas dan Cibentang.

kantor kecamatan

Untuk kegiatan sehari-harinya masyarakatnya memilih bertani, dan berdagang dan mayoritas beragama islam. Pusat perdagangan sendiri berada di desa Bangabayang yaitu tempat transaksi penjualan seperti pasar dan untuk selebihnya mereka selalu berbelanja ke kota Bumiayu karena di sana tempat yang paling ramai dan lengkap meskipun bahasanya tidak sama tapi itu tak menyurutkan aktivitas masyarakat sunda yang ada di Bantarkawung.
Tetangga paling dekat dengan Bantarkawung yaitu kecamatan Salem dan pola hidupnya hampir sama dengan masyarakat Bantarkawung terlebih dari Salem sendiri lebih memilih pusat perbelanjaan yang ada di Bantarkawung dan Bumiayu.

Apabila mengintip budaya Bantarkawung terutama suku sunda masih mengarah ke sunda jawa barat seperti adanya kentongan, angklung, jaipong yang masih melekat sekali terutama di desa Jipang sebagai pelopor menjaga kelestarian budaya sunda. Tidak heran kalau berkunjung ke desa Jipang setiap ada hajatan selalu menampilakn organ tunggal yang dicampur dengan irama sunda ala jaipong hingga alunan musiknya terdengar sampai ke desa lain yang masih berdekatan dengan desa Jipang.

Kemudian kalau melihat letak Bantarkawung sendiri berada di daerah perbukitan dan pegunungan yang ditanami pohon pinus dan jati juga terdapat aliran sungai yang cukup besar seperti ciraja terletak di dukuh pakiringan, cipamali dan masih banyak lagi. Untuk sarana kemaysarakatan berada di desa Bantarkawung seperti puskesmas, kantor kecamatan dan kantor kepolisian masing-masing memiliki akses yang cukup membantu. Itulah keadaan masyarakat yang ada di Bantarkawung dan mungkin info ini masih kurang lengkap dan harus ditelusuri lebih lanjut.

Posted on Mei 25, 2009, in Info and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 62 Komentar.

  1. salam kenal uang punya blog saya asalnya dari desa ciomas kec bantarkawung kalau yang punya blog sendiri asalna dari mana?????
    salam kenal wae kang

  2. maksudnya yang bukan “uang” maklumken waenya nya………..

  3. googling da tulisan ini….gimana ya agar masuk 10 besar

    • sy kira ini cuma nongol aja dech, mungkin om google baru nyadar ada blog orang bantarkawung. Ni sebagai bentuk motivasi ngeblog buat orang BTK… yang saya tahu sedikit sekali blogger deri daerah asal saya.

  4. waw bantarkawung……. tak terpantau pemerintah brebes….mendingan pisah aja gabung sm bumiayu sprt yang direncanakan.

    • Daripada cma pisah sama brebes, mending pisah sama Jawa Tengah sekalian. Ntar kita gabungnya sama Jawa Barat. Biar kita murni sebagai penduduk sunda.
      Da saya mah Cinta pisan kana Sunda

  5. saya uha bahaudin urang bangbayang, aya nu saa dayeuh te nya?

  6. Di jawa tengah banyak sunda juga ya? dikira jabar aja, kok gue baru tahu.

    • aaaahh urang bungaaah pisan diterima janten orang sunda…. padahal urang mah asli tina jawa dina dayeuh Semarang… irahaaa urang tiasa datang kaditu…..urang mah tos hayang pisan

  7. sy blognya lom jadi nieh…. oh jadi gitu ya kehidupannya

  8. Asslm… abditeh ti pakiringan padu hayang ngomong trimakasih atas info’y…

  9. Waalaikumsalam…

    Apa kabar Junda???
    tapi infonya masih sedikit ya, lain kali
    akan saya banyakin. Terima kasih balik ya!!

  10. Saya pernah ke Bantarkawung tapi cuman lewat
    padahal mau sekali nginep dimana gitu……duch tolong donk kasih gambarnya, biar jelas. Tks.

  11. wah sigana urang kenal yeh…. gg ciomas. tatanggaan jeng urang atuh RT kaswa ha…ha…ha… hidup blogger pakiringan. mari kita berjuang bersama bahwa orang pkiringan jg melek teknologi…. hidup pakiringan.

  12. assalamu alaikum wr wb

    pertama -tama marilah kita bersyukur kpd alloh swt..
    wat mas mudi makasih ntos tiasa damel blog..
    semoga aza tambah maju….tambah sukses….

    NB: nama nya pakiringan dunk yg lengkap,biar orang pakiringan nya …bangga …………..

    makasih banyak buat mas mudi…jgn lupa poto gw masukin yg banyak tuh…kw kwk kwkwkw….

    wassalamu alaikum wr wb

  13. Wah…
    Hatur nuhun pisan ‘tos ngeunalkeun bantarkawung di internet..
    Maneh urang mana kang? Abdi urang jipang yeuh

  14. Hidup pakiringan

  15. i love bantarkawung, i miss u jipang ^_^ lam knl….

  16. Situs Pakiringan Indonesia berada. Negara ini terletak di bagian barat daya. Pakiringan DKI Jakarta administrasi berada di bawah daerah ini. Sebagai atraksi turis di kota Pakiringan awal seperti jagung (Indonesia), sekitar 53 km, Santoso (Indonesia), sekitar 110 km, MR. TURYANTO. SH. Spd (Indonesia) c. 108 km, Borobudur (Indonesia), sekitar 149 km, Prambanan (Indonesia), sekitar 184 km, Ratu Boko (Indonesia), sekitar 185 km, Jakarta (Indonesia), sekitar 257 km, Masjid Istiqlal (Indonesia), sekitar 257 km, Krakato

  17. lamun kuring teh aslina jawa tapi kuring mah reuseup pisan jeung bahasa sunda, kuring bade anggo sunda sapoe, poe meunang enya? kuring sanes jalma berebes, tapi jalma dayeuh semarang

    • syukur lah tiasa sunda, puguh saya oge sami hoyong nemen tiasa basa jawa nu alus, jadina sa ayana wae jawa nu caket di gunakeun…he,,he

  18. Salam kenal Kang, saya orang Bumiayu ikut bangga warga Bantarkawung punya Blog, bagus lagi. Salut salut. Bravo Bantarkawung

  19. as.wr.wb
    alhamdulillh parantos nimu blog sunda wabil husus bantarkawung…..abdie aa agoes ti bangbayang maleuh,,,nuju rantau di semarag,,,sakedap deui uih,kangen ka sadayana
    wasallam

  20. Salam kasehatan kasadaya wargi di lembur
    dari Uha Pertelon Bangbayang

  21. haturnuhun kanu tos ngadamel blog SUNDA kenalkeun kuring OTONG
    ti bangbayang kaler.lam kenal,

  22. urang jipang bade ngiring komen yeh…….waduh bantarkawungku tercinta punya blog sendiri,,,,,,,,,

  23. ass..kumaha daramang urang pakiringan yeh urang budak lengit

  24. Abenk bin Abdul Kholik

    hahahahaha barudak Bantar kawung kumpulna didie???? iye nu posting ti mana??? rarasaan di bantarkawung can aya warnet

  25. wah hebat , saya di sawangan

  26. urang jipang dimanpun kalian berada, tunjukan pada Indonesia bahwa kita bisa..

  27. sebelumnya salam kenal yeuh papada urang sunda…hidup bantarkawung,hidup jipang,hidup pakiringan….hiduup sunda

  28. Bantarkawung……..pengen ke sana lg…..pernah ke sana 2 kali…… Seneng jg ternyata ada blognya,…….

  29. numpang coment.. mun bisa mah posting profil unggal desa.. hatur punten nu kasuhun.. jaga jeng lestarikeun budaya sunda brebes…

  30. yeuh urang bebeye kaler, miluan ngariung……

  31. asa kangen pisan urangteh ka bantarkawung,komo deui lamun ka jetak ,mani loba pisan walungan anu tiasa kanggo mancing sareng ngojay. sekian dari saya teh .wasalam urang jetak tea

  32. saLam kenal ti Bangbayang hiLir….

  33. suganmah puyuh ditubruk waduk garing

  34. assalamualikum salam knal urang ti bby hilir yeuh…..gkgkgkgkgk

  35. assalamualaikum…………..salam ti saya Ziyin alfia Rinjanni,, urang ciomas…. *_*

  36. Kaula urang dukuh sawah….

  37. Bokap saya teh urang bantarwaru, kamari saya teh tos ti ditu. Saya teh pernah sakola di smp 1 bantarkawung euy, taun 1997 saya pindah ka karawang, merdeka bantarwaru lah pokona mah. Sumangga.

  38. alus-alus.,.,.
    salam kenal abdi dari secang

  39. walaupun aq orang SOLO,tpi saudara q byak yg d’JIPANG,CIBOGO,CIOMAS,dll mzih byk ge..hehehehehehe
    senang bgt deh d’sana 🙂
    salam kenal dari wong SOLO…thanks

  40. blogna sae………. tingkatkeun

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: