Urang Sunda

“Hayuuu…urang sunda dimana wae mangga ngariung boh aya di parahyangan Jawa Barat atanapi di Jawa tengah mangga sadayana”

Di atas hanya beberapa kata/kalimat berbahasa sunda mungkin agak kelihatan kasar karena penulis sendiri masih belajar atau belum mahir banget berbahasa sunda yang bagus. Mungkin pembaca  senantiasa berkunjung ke blog ini sehingga penulis sangat bangga sekali. Kenapa  blog ini hadir dengan mengutamakan ala sunda, ini dikarenakan yang empunya blog selalu memiliki cita rasa yang berbau sunda dan ingin merawat budaya sunda yang telah diambil orang.

Kalau bukan kita siapa lagi yang mau menjaga, kitalah pewaris tunggal di pulau jawa ini yang harus merawat peninggalan nenek moyang dari mulai tradisi cara berpakaian, pergaulan atau dengan hiburan yang dipentaskan lewat angklungnya, jaipong, wayang golek, rempak gendang dan sebagainya. Itu semuanya akan menjadi sejarah bagi anak cucu kita selanjutnya bahwa budaya yang kita rawat lestari sepanjang masa di bumi pertiwi ini.

Okelah kita tidak bisa nari jaipong atau main angklung dengan ini marilah kenalkan budaya kita lewat blog atau lewat website lainnya supaya tidak ada yang mematenkan budaya kita yang bagus dan sangat bagus  di Indonesia ini. Dan untuk seluruh bangsa Indonesia mari kita selamatkan kecantikan budaya kita agar di kemudian hari tidak ada rasa penyesalan yang pernah dialami bangsa ini sewaktu ada klaim secara sepihak oleh negara tetangga.

Kita bukanlah plagiat atau bangsa yang miskin kreatifitas kita adalah bangsa yang terhormat yang mempunyai ragam suku,budaya yang senantiasa bisa melengkapi satu sama lain tanpa membedakan dengan yang lainnya. Perjuangan kita tidaklah sampai di sini dengan tekad bulat persatuan pasti akan menjadi sebuah negara raksasa yang selalu tahan akan cobaan.

Satu rasa dalam cinta, sunda takkan hilang walaupun badai menghalang. Mensyukuri apa yang telah diberikan nikmat tuhan semoga menjadi kebaikan bagi kita semua.

Posted on Mei 23, 2009, in Tentang Sunda and tagged , , , , , . Bookmark the permalink. 2 Komentar.

  1. Pokona mah hidup Sunda….

  2. kalau bukan kita siapa lagi yang melestarikan dan mengembangkan budaya sunda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: