Belajar Bahasa Sunda Itu Mudah

Kang GolekSiapa mau pasti bisa artinya ketika ada kemauan atau keinginan dilakukan dengan niatan pasti akan bisa dan mudah didapatkan. Kata siapa belajar bahasa sunda itu sulit? Katakanlah sejujurnya apabila ingin belajar sungguh-sungguh semuanya akan lancar-lancar saja. Nah, kalau ingin belajar bahasa tersebut mendingan terjun langsung ke daerah yang mayoritas berbahasa sunda atau berkenalan dengan orang sunda karena itu akan memudahkan kita. Pengalaman saya dulu kalau nelpon teman sering menyelipkan bahasa sunda itu sampai satu kata atau beberapa kata, ya barangkali karena saya orang sunda agak ceplas ceplos kesundaannya artinya selalu bercampur aduk dalam berbicara. Kemudian suatu hari bertanya kepada teman saya tersebut “siapa yang mengajari kamu bahasa sunda” dia menjawab “bukannya kamu kang setiap menelpon suka ada bahasa sundanya” saya terkejut sambil tertawa, kok bisa ya?. Tak disangka teman saya itu suka buka kamus sunda juga setelah telponan sama saya.

Memang agak lucu kedengarannya memakai bahasa Indonesia dicampur bahasa sunda, misalkan begini “Kamu teh asal mana” maksudnya “Kamu berasal dari mana” atau “ Yang baju merah kadie atuh” maksudnya” Yang baju merah kesini sajalah”. Memang agak merusak kedua bahasa tapi itu akan membantu sekali untuk orang yang lagi belajar.

Contoh kalimat bahasa Indonesia Sunda di bawah ini:

Saya mencintaimu = Abdy bogoh ka maneh
Itu bayi siapa yang nangis = Eta orok saha nu ceurik
Ini harga baju berapa = Ieu harga acuk sabaraha
Mau apa kesini kamu = Bade naon kadie maneh
Anak siapa yang ganteng = Murangkalih saha nu kasep
Bisa kenalan nggak = Tiasa wanoh teu

Tidak susah kok belajar bahasa sunda karena dari pengucapannya pun tidak sesusah bahasa jawa yang agak rumit tapi keduanya mempunyai kosakata yang kaya. Di zaman serba modern ini banyak cara untuk belajar dan mendapatkan keinginan agar mudah tercapai, coba saja pembaca belajar sunda lewat teman chating (YM) atau teman facebook karena disitu juga bisa menambahkan pembendaharaan kata yang lumayan bagus. Saya sendiri masih belajar bahasa sunda karena masih banyak yang belum dimengerti dari kosakata yang halus/tidak kasar.

Kalau mau belajar sunda bisa masuk forum detik atau di sundablog pasti akan cepat bisa yang pasti tidak boleh ada kata menyerah. Siap-siap saja barangkali bahasa sunda akan menjadi bahasa kelima dunia..he..he..he kesepuluh juga belum tentu, tapi menurut saya lebih baik tahu daripada nggak. Selamat mencoba dan selamat belajar.

Posted on Juni 29, 2009, in Tentang Sunda and tagged , , , . Bookmark the permalink. 125 Komentar.

  1. Saya juga “urang Sunda”…

    Salam kenal ^_^

    http://fitrijuni.wordpress.com

  2. salam kenal,,saya juga ingin belajar bahasa sunda , terima kasih

  3. Pengen blajar jg..(^_^)

  4. abdi pengen tiasa basa sunda juga uey,…sadayana tolong ajarin abdi…salam kenal..

  5. iya saya mo blajar..ada ebooknya gak ^^?

  6. saya orang jawa asLi pengen banget bisa bhs sunda,,,
    ajarin ya,,,,

  7. abdi teh,pengen bwgd bica bhs sunda oiy..hehe

  8. abdi teh hyang leres bljar bhs.sunda, ajar keun nya_
    trim’s

  9. Saya orang Medan, pengen belajar basa Sunda neh..
    Kebetulan kuliah di Bdg..

  10. kalau mau nyari kamus bahasa sunda , websitenya apa ya ? makasih ..

  11. Tlong donx ajari abdi bahasa sunda,biar gak dikerjain cewek abdi terus,kosa kata bahasa sundanya di perbanyak,biar bisa abdi c0py. ,Hehehe. . ^_^

  12. salam kenal dalam bahasa sunda teh naon?

  13. penGAn baNGed ngRti b.sUnda,,,,,,aL_y haLUs baNGed n sOPan keDEngaraN_y……

  14. saya orng jakarta

    ingin belajar sunda

  15. aQuwh pengeeeeeeen bgt baza mahir b.zunda….
    meskipun aink bukand orang zunda….

  16. pengen bisa berbicara bahasa sunda yang halus.

  17. mahing palingka utus

    abdi bangga jd urang sunda, lamun ningali ti kebudayaan atawa tina kesenianna sunda teh paling anu kreatif,,

  18. aku juga pengen balajar bhs sunda… kyknya seru hehe ^_^

  19. salam kenal,,,qw pengen bgt belajar bhs sunda euy,,,,,

  20. tah!!! abdi meni resep kana basa sunda… hade…
    komo abdi teh tinggal na di singapur.
    lamun keur ngariung jeung babaturan, geus kitu rek nyariosan ka batur nu bisa basa sunda…
    kabeh melongan… resep lah.

    hidup basa sunda!!!

  21. saya juga masih keturunan sundah …

  22. tolong ajarin saya bahasa sunda dari awal

  23. bisa tolong di artiin gak :
    - upami sakit hati milari deu anu sanes atawa teu kenging terlalu serius bilih jadi matak sakit hati

    - maneh nu gelo anjis, tong loba bachod

  24. abdi hoyong tiasa basa sunda ajarkeun dong abdi mah bkan urang sunda tpi tiasa saalit……….!!!!!!!!!

  25. Saya orng aceh cmpr sunda

  26. nuhun…abdi teh baru di bandung!!jadi abdi teh hoyong tiasa basa sunda!!!
    akang2 n teteh nu bisa basa sunda,ajarin abdi nya!

  27. wehehee…kebetulan nih, minggu depan aku mau pindah kerja di bandung. dan sekarang lagi pingin banget belajar bahasa sunda… tolong dibantu yah ^_^ V

  28. Abdi reueus pisan ka nu ngadamel ieu blog,..(kang uddyfresh),..kahijina kang uddy mikaheman budaya sunda sina lestari nu kaduana kang uddy asalna ti Brebes, Jawa Tengah nu seuseurna urang jawa,…hal ieu mangrupikeun eksistens urang Sunda di Provinsi urang Jawa,..Hatur nuhun ka kang uddyfresh. Jaya Sunda !!!

  29. saya dari jawa,,,pengen banget bisa bahasa sunda,

  30. tah…. geuningan masih aya keneh anu resepeun bahasa sunda, da enya atuh raoseun pisan bahasa sunda teh di danguna sok asa nyeredet kana hate.
    reueus kana manah, ngaborelak kana waos, herang kana tarang. turnuhun…….

  31. Eh ini Sundanya mana? Kok contonya campur bawur kasar dan alus, kan sebaiknya halusnya halus sekalian dan kasar dengan yg kasar. dalam PBM sekolahan juga yg diajarkan teh, yg medium hingga yg lemes. Jd yg kasar teh g kepake.

  32. hmmmz,,
    saya orang sunda koq susah banget iia belajar bhasa sunda,,
    huefth

  33. mohon diajarin bhs. sunda

    pleaseeeeeeeeee!

  34. aku pengen bangat tau bahasa sunda

  35. cewe saya sunda atuh,,,,v saya bukan orang sunda,,,
    mau blajar bahasa sunda nie,,,,biar bisa nyambung low ngomong sunda atuh….ciks ciks ciks

  36. punten,abdi teh budak jawi…
    abdi teh kepingin sanget bljr bhs anjeun…
    tiasa ngajarkeun teu??
    hatur nuhun…

  37. ada g program radio ato tv yang ngebahasa atao ngajari bahasa sunda?

  38. qw jg ingin belajar ……
    tlong d batu y……..
    q pengin pisan…
    please.

  39. che dhefthyaah :)

    semuuga memmbantuu byrr cpett bisaa beradapptasii mahh lingkungan bandungg yang pake bhsa sundda … aminn ..
    byrr gga jdd kamibing congekk lgg :))

  40. Aya naon teh….
    teo amat….
    Lu gw ajarin maw
    Entar nggak bisa wae…!!!!

  41. ” Kumaha atuh… ?? hoyong ka Bandung…?? mangga ah diantos. . .”

  42. terimakasih. sangat membantu

  43. saya pengen bgt bljr bhsa sunda dimna tunangan sya orang sunda,

  44. salam kenal,,

    bapak saya asli sunda ( bandung), tapi saya gak bisa bahasa sunda, cuma ngerti dikit-dikit, apa mungkin karena lahir dan besaar di surabaya, tapi untunglah masih ada darah sunda… dan pengen bisa bahasa sunda

  45. saya kelahiran jogja. sempet tinggal di daerah priangan sampe kelas 5 SD lalu kembali ke daerah kelahiran saya. Dan sekarang saya kembali ke tanah sunda. dan kosakata sunda saya sudah mulai hilang alias lupa.hehe

  46. aku ajari bahasa sunda yo..aku bisanya bahasa jawa weh..
    ni fb aku
    caem_syafrizal@yahoo.com

  47. abdy urang sunda. saha nu hoyong di ajarkeun bhasa sunda, abdy tiasa ngajarkeun .
    mun minat, add we neliiy_jeleg@yahoo.co.id

  48. Pengen belajar… :)

  49. abdy teh sanes urang sunda asli na kalimantsn barat, tapi abdy teh tinggal di tanah sunda. urang sunda eus meni ramah pisan,.,,so tak mau rase nye kame nak balek ke kampung halaman…

  50. Saya orang jawa asli…
    Dan saya pengin banget belajar bahasa dari negara-negara eroap…. kkikiii….

  51. tiasa wanoh teu akang ….

  52. belajar sunda private lewat fb ane aja (abdi sunda asli : D)

    add abdulrakan@aol.com kita bisa wall wall bahasa sunda

    sok mangga !!!

  53. ari sunda teh beresih,beresih naon,nyatana hate.........................

    sunda

  54. pengen belajar bahasa sunda!!!!
    (^0^0

  55. sy pngen bljr bhs sunda lg…
    soalx dulu saya bs bhs sunda tp skrng udah agak2 lupa,,,,

  56. Apa bahasa sundanya “aku cinta kamu” dan apa jawaban yg cocok untuk kita membalasnya…

  57. Apa bahasa sundanya “aku cinta kamu” dan apa jawaban yg cocok untuk kita membalasnya…

  58. saya pengen beljar dengan cepat dan baik

  59. BHEATRICK FITRIYANI

    simkuring orang sunda oge……
    salam tepang.

  60. Zainal Arif Purwadi

    Pasti bhs. Jawa rumitnya itu gara2 vokal “o” yang ada 2. Ya kan? Kalo bhs. Sunda kan ada vokal e dan eu.

  61. kalo aku teh suka di campur2 tp kebanyakan bhs Indo nya soal nya bukan org sunda hehe =p
    nuhun.. =)

  62. hye..saya melissa dr malaysia.my dad from tasik malaya org sunda but i totally zero bout sunda language plz teach me..apple_pink_fairy@yahoo.com

  63. ah kang, abdi urang sunda, tapi basa sunda mah abdi teu tiasa, tiasana saleutik wae. kalau di kampung, ngomong sunda suka di ketawain orang sekampung, gara-gara kosakatanya amburadul

  64. pengen belajar bahasa sunda,tolong ajarin donggg

  65. Aku pengen belajar B.sunda.
    Invite aku ya. BB. Pin:22973EC5

  66. saya senang dgr orng ngomong bahasa sunda..pgn belajar jadinya ^^

  67. q blum bisa bahasa sunda…….

  68. saya pingin blajar bhsa sunda , wlaupun saya orang jawa … ( pekalongan )

  69. bahasa sundanya saya, kamu, dia sebanyak banyaknya dari kasar sampai halus?

  70. slm knal q orang sunda juga loh

  71. Pengen blajar bhasa sunda,
    m0h0n bantuanx yah. . .

  72. kumaha atuh meuni teu aya………kumaha belajar naaaaaa

  73. hayang belajar deui….hayang nyaho…

  74. Abdi teh pengen bgd, tw buanyak bhasa sunda, asyiiik pisaan teh kdegeranny,,ajarin donk..

  75. win_4riga@yahoo.com

    salam kenal ku asli orang aceh tolong ajarin donk bahasa sunda pleas dechhhhhhhh

  76. win_4riga@yahoo.com

    slam kenal

  77. ku orang lamongan.menurut gue bahasa sunda tu keren n lucu banget,jadi pengen belajar . . .

  78. basa sunda ituch keren …hmmm pengen bisa

  79. andi muh. maulana

    basa sunda adalah bahasa daerah ke 2 setelah bugis aku agak ngerti.., aku mau belajar bahasa sunda lebih dalam lagi…, ajari aku ya…

  80. aku pengen bisa bahasa sunda,,
    ,,kelurga ku orang sunda semua tapi q gak bisa bahasa sunda,,,

  81. ajarin aku donk boleh gk..
    aku ank manado,cumn ada tmn di garut..
    trus pacar aku juga di garut,mna ortunya pda ngomong bhs sunda

  82. tolong ajari saya bhsa sunda .

  83. ak mintak nomer eh orang sunda dong ,ak pengen belajar bahasa sunda nic….????

  84. aku jg orang sunda. tapi karena saya dibesarkan dikalimantan. saya tidak bisa bhasasunda. pengen banget belajar, tp gk tau sama siapa ? :(

  85. sumpah . . bingung bnget belajar,,, tuntutannya harus bisa . ah ah, saye budak melayu
    . ..

  86. tolong donk aku jga diajarin bhsa sunda donk soalnya pgn tau and mengerti

  87. Abdi teh urang Palembang, cuma payang belajar basa Sunda :D

  88. ajarin aq bhasa sunda ia..

  89. Seneng bgt ada tmn” yg mau ngajarin bhsa sunda nih,,
    bantu q ya,.

  90. sampurasun… ngiringan nimbrung nya akang teteh ^_^
    salam pangwanoh ti sim kuring
    ieu blog teh sae pisan, ngalestarikeun bahasa sunda! mugia blog ieu tiasa ngabantosan anu teu tiasa jadi tiasa bahasa sunda :)

  91. Tolong plisss… bagi yang asli sunda ajarin q donkk bahasa sunda yang bener & jelas..
    q asli surabaya pengen banget bisa lancar bicara bahasa sunda..,..
    salam SATU HATI BONVIK (BONEK VIKING)……..
    hubungi saya di FB : dardiri_heal@yahoo.com

  92. elehm,, pusing” ajari bahasa sunda dong,,, sp aja yang bisa yg penting bener

  93. Haturanan juragan…simkuring ngiring linggih

  94. hatur punten mugia nawakup, ningal conto tarjamah na bahasa indonesia kana basa sunda peryogi di lereskeun deui margi conto diluhur ya larap kecap anu lepat, punten.

  95. ini mah bahasa sunda kasar…gak usah belajar disini…gawat

  96. pengen bljr bhs sunda…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: